Skip to main content

Home/ LearningwithComputers/ Tempat Jual Bearing Terpercaya
anugerahbearing

Tempat Jual Bearing Terpercaya - 0 views

bearing

started by anugerahbearing on 10 Sep 20
  • anugerahbearing
     


    Bearing adalah komponen bantalan yang digunakan untuk membantu mengurangi gesekan peralatan berputar pada poros berupa roda atau baling-baling. Bearing ini biasanya berbentuk bulat dan memiliki butiran logam berbentuk bulat seperti gundu. Paling umum bahwa bearing digunakan untuk mengurangi gesekan rotasi dan mendukung radial aksial beban. Bearing didesain dengan simpel dan tahan lama, untuk mendapatkannya anda bisa membelinya di Anugerah Jaya Bearing selaku distributor yang menjual segala jenis bearing untuk alat-alat khusus. Biasanya bearing ada di posisi yang tidak terlihat, sehingga tidak bisa selalu diakses untuk perawatan. Namun secara umum, bearing terdiri dari beberapa hal yaitu :



    • Dua buah ring atau cincin dengan jalur (raceway). Ada ring luar (outer ring) dan ring dalam (inner ring), yang berfungsi untuk menahan bola tetap berputar di tempat yang sama.

    • Terbuat dari material keras, seperti baja atau chrome, yang kekuatannya mempengaruhi beban yang diterima dan masa pakainya.

    • Keramik dan plastik juga kadang dipakai, walaupun lebih ringan, tetapi plastik bukan untuk bearing yang akan bekerja di temperatur dan tekanan tinggi.

    • Komponen yang berputar atau bergulir. Bisa berbentuk bola, roller atau silinder, cone atau needle yang keras. Bahan khusus seperti keramik dan plastik juga ada.

    • Cage atau sarang atau rumah. Fungsinya untuk menjaga bola/silinder pada tempatnya dan tidak saling bertabrakan atau bergesekan satu dengan yang lain.

    • Seal atau penutup. Ada yang pakai ada yang tidak, fungsinya untuk menutup agar pengotor tidak masuk ke dalam bearing, dan menjaga pelumas tetap bersih.


    Terdapat 3 Jenis Bearing Paling Terpopuler :



    • Caged bearing


    Caged bearing mempunyai dudukan atau rumah untuk meletakkan bola atau roller di dalam bearing. Tujuannya agar bola atau roller tidak saling bergesekan dan selalu diam di posisinya. Tidak hanya itu, dudukan (retainer) ini juga berfungsi untuk menjaga bentuk bola. Tetapi penambahan dudukan ini membuat jumlah bola yang bisa diisi ke dalam bearing berkurang, sehingga beban yang bisa ditahan juga lebih kecil daripada bearing tanpa dudukan. Tetapi dengan adanya caged pada bearing bisa memberikan pengaturan posisi bola yang lebih baik. Bola bearing bisa diatur dalam dua lapisan atau lebih, dengan posisi yang berbeda-beda, dengan tujuan dan fungsi yang berbeda-beda pula.



    • Cartridge bearing


    Komponen modern cenderung memakai bearing jenis cartridge. Bearing cartridge adalah tipe bearing yang tertutup dengan sangat rapat dan memiliki seal karet tambahan, untuk menghindari pengotor masuk kedalam bearing, dan menjaga bola-bola bearing selalu tetap di posisi idealnya. Pada pemakaian dan kondisi normal, air , debu, pasir, dan kotoran lainnya tidak bisa masuk ke dalam bearing ini, sehingga aman dari karatan, dan keluarnya pelumas. Tetapi seal yang sangat rapat ini, membuat bearing ini tidak bisa lebih dan sangat susah untuk diservice, jika ada komponen yang rusak atau bearing macet, bearing tidak bisa diperbaiki dan lebih baik diganti dengan yang baru. Kecuali kita memiliki peralatan sepeda khusus untuk membuka bearing yang sangat rapat ini, biayanya lebih mahal ketika harus diservice.



    • Needle bearing


    Type bearing ini tidak memakai bola, tetapi memakai silinder yang berputar. Bentuk silindernya juga bisa bermacam-macam, ada yang tipis-tipis panjang seperti jarum (needle), atau yang mengerucut (cone/tapered), posisi miring, posisi tegak dan lainnya. Kelebihannya adalah bisa menahan beban yang lebih besar dari bearing dengan bola, karena permukaan yang menahan beban lebih besar, dimana tekanan akan tersebar pada seluruh permukaan panjang silinder. Tetapi akibat lainnya, rolling resitance atau tingkat kelonceran bearing ini tidak selancar bearing bola, lebih banyak permukaan yang bergesek, perputaran bearing lebih pelan.

To Top

Start a New Topic » « Back to the LearningwithComputers group