Skip to main content

Home/ Diigo Community/ Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga
Ditulis.ID

Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga - 0 views

tujuan pemanasan dalam berolahraga adalah untuk menghindari

started by Ditulis.ID on 28 Jun 21
  • Ditulis.ID
     

    Apakah Anda melewatkan manfaat melakukan pemanasan dan pendinginan saat berolahraga? Apakah menurut Anda tidak ada cukup waktu untuk pemanasan dan pendinginan?


    Latihan pemanasan sangat penting untuk program pelatihan olahraga atau kebugaran. Pentingnya rutinitas pemanasan yang terstruktur tidak boleh dianggap remeh untuk mencegah cedera olahraga.


    Pemanasan yang tepat memiliki sejumlah komponen kunci yang sangat penting. Komponen atau bagian ini harus bekerja sama untuk mempersiapkan individu menghadapi performa olahraga dan meminimalkan kemungkinan cedera olahraga akibat aktivitas fisik.


    Mungkin Anda hanya berpikir langkah-langkah ini tidak terlalu penting.


    Banyak orang merasa mereka terlalu sibuk untuk waktu atau hanya tidak memahami pentingnya pemanasan dan pendinginan.


    Melewatkan langkah-langkah penting ini dalam rutinitas Anda seperti memiliki buku di rak tanpa ujung buku.


    Akhir buku adalah stabilitas dan dukungan untuk buku-buku seperti rutinitas pemanasan dan periode pendinginan adalah "akhir buku" untuk latihan Anda.


    Pemanasan dan pendinginan memberikan tubuh Anda stabilitas dan mendukung kebutuhan tubuh Anda sebelum dan sesudah berolahraga.


    Meskipun manfaat pemanasan dan pendinginan berbeda, ada manfaat nyata dari kedua langkah tersebut.


     


    Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga



    Tujuan melakukan pemanasan adalah untuk meningkatkan detak jantung Anda secara perlahan.


    Peningkatan detak jantung ini membantu menaikkan suhu tubuh Anda dan meningkatkan aliran darah ke otot Anda.


    Peningkatan aliran darah ini mengoksidasi otot Anda dengan benar dan mempersiapkannya untuk latihan aerobik yang lebih berat.


     


    Dengan pemanasan tubuh yang benar, Anda dapat dengan mudah dan aman melakukan latihan peregangan yang diperlukan untuk memastikan fleksibilitas dan rentang gerakan yang tepat untuk rutinitas olahraga Anda.


    Lakukan pemanasan dengan benar dan kemudian peregangan mempersiapkan otot Anda untuk latihan aerobik. Ini membantu meminimalkan potensi robekan dan cedera otot.


    Dengan latihan pemanasan yang tepat dan rutinitas peregangan, elastisitas dan fleksibilitas tendon dan ligamen meningkat.


    Sendi Anda dilumasi dengan cairan sinovial yang dilepaskan selama rutinitas pemanasan Anda.


     


    Panjang Latihan Pemanasan



    wanita peregangan Waktu yang Anda butuhkan untuk melakukan pemanasan dengan benar harus sekitar 5 sampai 10 menit, tergantung pada kebutuhan fisik Anda.


    Jika tubuh Anda sudah agak panas karena beberapa tugas aktif, Anda mungkin hanya perlu 5 menit untuk menghangatkan tubuh dengan benar dan mengoksidasi otot-otot Anda.


     


    Otot Apa yang Harus Ditargetkan



    Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari pemanasan, pastikan untuk menghangatkan otot-otot utama Anda seperti pinggul, paha, glutes, betis, dada, dan bahu.


    Anda dapat menargetkan semua otot ini dengan berbaris di tempat dan mengayunkan lengan ke depan dan ke belakang.


    Untuk membuat latihan pemanasan Anda sedikit lebih bervariasi, tambahkan beberapa tanaman anggur atau lompat tali. Anda tidak harus menggunakan tali, cukup lakukan gerakannya.


    Anda juga dapat menambahkan beberapa gerakan lengan yang lebih besar seperti lingkaran saat berbaris atau jogging di tempat.


     


    Pemanasan dan Peregangan Tambahan



    Jika Anda mencoba mendapatkan semua manfaat pemanasan untuk berpartisipasi dalam olahraga, rutinitas pemanasan Anda perlu mempertimbangkan olahraga spesifik Anda.


    Selain pemanasan biasa, Anda ingin memastikan untuk melakukan pemanasan dan menargetkan otot tertentu yang akan Anda gunakan saat berolahraga.


    Untuk mempersiapkan otot-otot yang tepat yang akan Anda gunakan selama olahraga melakukan gerakan atau aktivitas olahraga.


    Misalnya, jika bermain seperempat bagian belakang dalam pertandingan sepak bola adalah tujuan pemanasan Anda, maka praktikkan atau tiru lempar bola beberapa kali untuk menghangatkan otot-otot tersebut.


    Untuk rutinitas olahraga Anda berikutnya, pastikan untuk mendapatkan semua manfaat pemanasan dan pendinginan dengan menyediakan waktu untuk dua langkah penting latihan Anda ini.

To Top

Start a New Topic » « Back to the Diigo Community group