Skip to main content

Home/ Diigo Community/ 7 Manfaat Mengejutkan dari Olahraga Secara Teratur
Ditulis.ID

7 Manfaat Mengejutkan dari Olahraga Secara Teratur - 0 views

manfaat olahraga yang teratur memberikan banyak bagi kesehatan tubuh

started by Ditulis.ID on 28 Jun 21
  • Ditulis.ID
     

    Anda mungkin memiliki perasaan samar bahwa olahraga itu baik untuk Anda — dan Anda mungkin pernah mendengar bahwa olahraga itu "sehat untuk jantung". Tetapi jika Anda seperti kebanyakan orang, motivasi itu tidak cukup untuk membuat Anda berkeringat dengan keteraturan apa pun. Seperti yang saya laporkan dalam cerita sampul TIME, "The Exercise Cure," hanya 20% orang Amerika yang mendapatkan 150 menit latihan kekuatan dan aktivitas fisik kardiovaskular yang direkomendasikan per minggu, lebih dari setengah dari semua baby boomer melaporkan tidak melakukan latihan apa pun, dan 80,2 juta Orang Amerika di atas usia 6 tahun sama sekali tidak aktif.


    Itu berita buruk, tetapi bukti yang muncul menunjukkan bahwa ada banyak alasan kuat untuk mulai bergerak pada usia berapa pun dan bahkan jika Anda sedang sakit atau hamil. Memang, para ilmuwan sedang mempelajari bahwa olahraga sebenarnya adalah obat. “Tidak ada pil yang mendekati kemampuan olahraga,” kata Claude Bouchard, direktur laboratorium genomik manusia di Pennington Biomedical Research Center di Louisiana. "Dan jika ada, itu akan menjadi sangat mahal." 7 manfaat olahraga yang teratur memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh diantaranya:


     


    1. Latihan sangat bagus untuk otak Anda.


     


    Ini terkait dengan depresi yang lebih sedikit, memori yang lebih baik, dan pembelajaran yang lebih cepat. Studi juga menunjukkan bahwa olahraga, seperti saat ini, adalah cara terbaik untuk mencegah atau menunda timbulnya penyakit Alzheimer, ketakutan utama bagi banyak orang Amerika.


    Ilmuwan tidak tahu persis mengapa olahraga mengubah struktur dan fungsi otak, tetapi ini adalah area penelitian aktif. Sejauh ini, mereka telah menemukan bahwa olahraga meningkatkan aliran darah ke otak, memberi makan pertumbuhan pembuluh darah baru dan bahkan sel-sel otak baru, berkat protein BDNF (faktor neurotropik yang diturunkan dari otak). BDNF memicu pertumbuhan neuron baru dan membantu memperbaiki dan melindungi sel-sel otak dari degenerasi. Ini juga dapat membantu orang fokus, menurut penelitian terbaru.


     


    2. Anda mungkin menjadi lebih bahagia.


     


    Penelitian yang tak terhitung jumlahnya menunjukkan bahwa banyak jenis olahraga, mulai dari berjalan kaki hingga bersepeda, membuat orang merasa lebih baik dan bahkan dapat meredakan gejala depresi. Olahraga memicu pelepasan zat kimia di otak — serotonin, norepinefrin, endorfin, dopamin — yang menghilangkan rasa sakit, meringankan suasana hati, dan menghilangkan stres. “Selama bertahun-tahun kami berfokus hampir secara eksklusif pada manfaat fisik dari olahraga dan benar-benar telah mengabaikan manfaat psikologis dan emosional karena selalu aktif,” kata Cedric Bryant, kepala petugas sains dari American Council on Exercise.


     


    3. Ini mungkin membuat Anda menua lebih lambat.


     


    Olahraga telah terbukti memperpanjang umur hingga lima tahun. Sebuah studi kecil baru menunjukkan bahwa latihan intensitas sedang dapat memperlambat penuaan sel. Seiring bertambahnya usia manusia dan selnya membelah berulang kali, telomere mereka — tutup pelindung di ujung kromosom — menjadi lebih pendek. Untuk melihat bagaimana olahraga memengaruhi telomere, para peneliti mengambil biopsi otot dan sampel darah dari 10 orang sehat sebelum dan setelah 45 menit mengendarai sepeda statis. Mereka menemukan bahwa olahraga meningkatkan level molekul yang melindungi telomere, yang pada akhirnya memperlambat seberapa cepat mereka memendek dari waktu ke waktu. Maka, olahraga tampaknya memperlambat penuaan pada tingkat sel.


     


    4. Ini akan membuat kulit Anda terlihat lebih baik.


     


    Latihan aerobik meningkatkan aliran darah ke kulit, mengirimkan oksigen dan nutrisi yang meningkatkan kesehatan kulit dan bahkan membantu menyembuhkan luka lebih cepat. “Itulah mengapa ketika orang mengalami cedera, mereka harus bergerak secepat mungkin — tidak hanya untuk memastikan otot tidak berhenti tumbuh, tetapi untuk memastikan ada aliran darah yang baik ke kulit,” kata Anthony Hackney, seorang ahli fisiologi olahraga di Universitas Carolina Utara di Chapel Hill. Berlatih cukup lama, dan Anda juga akan menambahkan lebih banyak pembuluh darah dan kapiler kecil ke kulit.


    Kulit juga berfungsi sebagai titik pelepasan panas. (Lihat “Mengapa Wajah Saya Menjadi Merah Saat Saya Berolahraga?” Untuk informasi lebih lanjut tentang itu.) Saat Anda berolahraga, otot Anda menghasilkan banyak panas, yang harus Anda serahkan pada lingkungan sehingga suhu tubuh Anda tidak terlalu tinggi. tinggi, kata Hackney. Panas di otot ditransfer ke darah, yang membawanya ke kulit; ia kemudian bisa lepas ke atmosfer.


     


    5. Hal-hal menakjubkan bisa terjadi hanya dalam beberapa menit.


     


    Penelitian yang muncul menunjukkan bahwa tidak perlu banyak gerakan untuk mendapatkan manfaatnya. “Kami tertarik dengan pertanyaan, Seberapa rendah Anda bisa pergi?” kata Martin Gibala, seorang ahli fisiologi olahraga di McMaster University di Ontario. Dia ingin menguji seberapa efektif latihan 10 menit, dibandingkan dengan pertarungan 50 menit pada umumnya. Latihan mikro yang dia rancang terdiri dari tiga interval 20 detik yang melelahkan dari latihan sekeras mungkin, diikuti dengan pemulihan singkat. Dalam studi tiga bulan, dia mengadu latihan singkat dengan latihan standar untuk melihat mana yang lebih baik. Yang mengherankan, latihan tersebut menghasilkan peningkatan yang identik pada fungsi jantung dan kontrol gula darah, meskipun satu latihan lima kali lebih lama dari yang lain. “Jika Anda mau dan mampu mendorong dengan keras, Anda dapat melakukannya dengan sedikit latihan,” kata Gibala. (Untuk informasi lebih lanjut tentang latihan 1 menit, baca ini.)


    6. Ini dapat membantu Anda pulih dari penyakit besar.


     


    Bahkan olahraga yang sangat berat — seperti latihan interval yang dipelajari Gibala — sebenarnya dapat sesuai untuk orang dengan kondisi kronis yang berbeda, dari diabetes tipe 2 hingga gagal jantung. Itu pemikiran baru, karena selama puluhan tahun, penderita penyakit tertentu disarankan untuk tidak berolahraga. Sekarang para ilmuwan tahu bahwa jauh lebih banyak orang yang bisa dan harus berolahraga. Analisis baru-baru ini terhadap lebih dari 300 uji klinis menemukan bahwa bagi orang yang pulih dari stroke, olahraga bahkan lebih efektif dalam membantu mereka merehabilitasi.


    Robert Sallis, seorang dokter keluarga di Kaiser Permanente Fontana Medical Center di California, telah meresepkan olahraga kepada pasiennya sejak awal 1990-an dengan harapan dapat mengurangi pengobatan. “Ini benar-benar bekerja dengan luar biasa, terutama pada pasien saya yang paling sakit,” katanya. “Jika saya bisa membuat mereka melakukannya secara teratur — bahkan hanya berjalan kaki, apa pun yang membuat detak jantung mereka sedikit naik — saya akan melihat peningkatan dramatis pada penyakit kronis mereka, belum lagi semua hal lain seperti depresi, kecemasan , suasana hati dan tingkat energi. "


    Untuk waktu yang terbatas, TIME memberi semua pembaca akses khusus ke cerita khusus pelanggan. Untuk akses lengkap, kami mendorong Anda untuk menjadi pelanggan. Klik disini.


     


    7. Sel lemak Anda akan menyusut.


     


    Tubuh menggunakan karbohidrat dan lemak sebagai sumber energi. Tetapi setelah latihan aerobik yang konsisten, tubuh menjadi lebih baik dalam membakar lemak, yang membutuhkan banyak oksigen untuk mengubahnya menjadi energi. “Salah satu manfaat dari latihan olahraga adalah sistem kardiovaskular kita menjadi lebih kuat dan lebih baik dalam menyalurkan oksigen, sehingga kita dapat memetabolisme lebih banyak lemak sebagai sumber energi,” kata Hackney. Akibatnya, sel-sel lemak Anda — yang menghasilkan zat yang bertanggung jawab atas peradangan kronis tingkat rendah — menyusut, begitu pula peradangan.

To Top

Start a New Topic » « Back to the Diigo Community group