Skip to main content

Home/ Tours and travel/ Pesona Keindahan coban Tumpak Sewu Malang
arisgondol

Pesona Keindahan coban Tumpak Sewu Malang - 0 views

travel malang surabaya wisata

started by arisgondol on 18 Mar 19
  • arisgondol
     

    Kota Malang saat ini tak hanya dapat julukan "Kota Apel" api juga akan menjadi kota Wisata. Wisata yang ada di Malang saat ini sudah mulai banyak dikenal para wisatawan, apalagi wisata air terjunnya. Salah satu air terjun yang dinobatkan sebagai air terjun terindah di pulau jawa yaitu air terjun Coban Tumpak Sewu. Letak air terjun ini berada di antara dua kabupaten yaitu Lumajang dan Malang. travel malang surabaya


    Lokasi Dan Harga Tiket Masuk Air Terjun Coban Tumpak Sewu


    Air terjun coban tumpak sewu dengan ketinggian 120 meter ini berada di perbatasan dua kabupaten yang ada di Jawa Timur. Lokasi tepatnya yaitu di Dusun Jagalan Desa Sidomulyo, kecamatan Pronojiwo, Lumajang. Air terjun nan indah ini berasal dari aliran sungai gidih yang berhulu dari Gunung Semeru dan berada dalam lembah curam yang berelevasi 500 mdpl.


    Untuk harga tiket masuk ke lokasi air terjun ini pengunjung dikenakan biaya retribusi sebesar Rp. 3000 dan untuk spot foto Rp. 3000. Pengunjung yang memarkirkan kendaraan juga dikenakan biaya parkir sebesar Rp. 2000. Harga ini sudah cukup murah untuk dapat menikmati air terjun keindahan air terjun ini.


    Rute Menuju Air Terjun Coban Tumpak Sewu


    Ada dua rute perjalanan yang dapat ditempuh untuk sampai ke coban tumpak sewu yaitu dari arah Lumajang atau dari Malang. Jika ingin melalui rute dari arah Lumajang, pengunjung dapat melalui jalan Nasional rute 3 lintas selatan Jawa Timur dan jika berangkat dari arah malang rute yang harus ditempuh yaitu Bululawang-Dampit- hingga Pronojiwo.


    Di tepi jalan desa Sidomulyo, pengunjung dapat dengan mudah menemukan pintu masuk wisata Coban Tumpak Sewu. Setelah memarkirkan kendaraan, pengunjung harus menuruni tangga sepanjang 800 meter di badan bukit. Di ujung tangga, pengunjung nantinya akan menjumpai goa tetes dan menyebrangi sungai untuk sampai ke tujuan.


    Daya Tarik Air Terjun Coban Tumpak Sewu


    Dinamakan air terjun Coban Tumpak Sewu karena sumber air terjun ini memancar dari tebing membentuk garis vertikal dan aliran yang bertumpuk-tumpuk. Beberapa daya tarik air terjun yang sering juga disebut Grojogan sewu ini antara lain:



    • Letaknya diantara 2 Kabupaten. Secara administratif, air terjun ini masuk ke daerah Lumajang tapi lokasinya juga dapat diakses dengan mudah dari Kota Malang. Untuk sampai ke lokasinya, dari arah malang hanya berjarak 66 km atau sekitar 2 jam perjalanan.

    • Tipe aliran air terjun Coban Tumpak Sewu. Salah satu yang menjadi daya tarik dari wisata air terjun ini adalah tipe aliran airnya yang  sangat unik. Air terjun ini turun membentuk garis vertikal melebar seperti tirai (tipe aliran Tiered), tidak heran jika air terjun ini dikatakan paling indah di Pulau Jawa.

    • Instagramable. Tak hanya lokasi coban ini yang instagramable, di perjalanan menuju air terjun ini pengunjung juga kana menikmati keindahan alam yang tidak kalah menariknya.  Di perjalanan pengunjung akan melewati Goa tetes, dan berdekatan dengan lokasi coban terdapat air terjun kapas biru.


    Demikian ulasan mengenai air terjun coban tumpak sewu yang  sudah mulai menyedot perhatian wisatawan ini. Penasaran dengan keindahannya?  Di area spot foto, Pengunjung juga akan menyaksikan dan menikmati keindahan keseluruhan bagian Coban Sewu yang membentuk setengah lingkaran.


     

To Top

Start a New Topic » « Back to the Tours and travel group