Skip to main content

Home/ Pasang Iklan Gratis/ Standarisasi Konstruksi Bangunan Rumah Sakit
Denny Farhan

Standarisasi Konstruksi Bangunan Rumah Sakit - 0 views

desain rumah sakit

started by Denny Farhan on 21 Feb 12
  • Denny Farhan
     

    Dimana fungsinya, Rumah sakit, sebagai tempat merawat orang yang sedang menderita suatu sakit, maka tentunya desain rumah sakit haruslah berbeda dengan bangunan lain seperti perumahan atau gedung perkantoran. Dari segi pembangunannya pun disetting agar si pasien nantinya merasa nyaman saat dirawat di rumah sakit. Bahkan bukan hanya itu saja, desain bangunan rumah sakit pun akan berpengaruh pada pelayanan dan percepatan dalam melayani pasien terutama pada kondisi yang darurat. Contohnya, misalnya dengan menempatkan ruangan perawat di dekat kamar pasien. Sebenarnya, saat ini belum ada standarisasi dalam membuat sket desain rumah sakit dan pembangunannya. Di Indonesia sendiri hanya beberapa rumah sakit saja yang apabila dilihat secara kasat mata sudah memenuhi standar yang dapat dikatakan sebagai rumah sakit yang layak. Biasanya rumah sakit ini berada di kota-kota besar, seperti Makasar, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, dan Jakarta. Lalu bagaimana dengan rumah sakit di kota lainnya terutama di daerah pedesaan?


    Desain rumah sakit pada daerah pedesaan masih memprihatinkan. Umumnya gedung rumah sakit di sana adalah bekas gedung-gedung tidak terpakai yang dialihfungsikan. Malah masih ada beberapa daerah yang belum memiliki gedung rumah sakit. Di pedesaan, akses pelayanan kesehatan umumnya hanya sebatas puskesmas sehingga bagi masyarakat yang sakit parah harus dirujuk ke rumah sakit besar yang berada di kota besar.


    Bisa dibayangkan, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk seorang pasien kritis untuk dibawa ke rumah sakit rujukan yang menempuh jarak ratusan kilometer? Sungguh ironi. Hal-hal seperti ini yang termasuk salah satu permasalahan pemerintah yang sampai saat ini belum menemui jalan keluarnya.


    Faktor lainnya yaitu pembangunan rumah sakit membutuhkan biaya yang sangat besar, yang diambil dari APBD. Dalam kasus keberadaan rumah sakit di daerah pedesaan, pembangunan rumah sakit terbentur akses menuju lokasi karena pada umumnya desa terletak di daerah terpencil seperti pegunungan, perbukitan mapun hutan. Maka, sampai saat ini pun masih sangat jarang kita temui rumah sakit di daerah pedesaan.


    Kembali ke permasalahan desain rumah sakit. Pada intinya, desain rumah sakit haruslah memiliki konsep yang memberikan kesan nyaman bagi pasien. Kesan nyaman bisa disajikan dengan memberikan banyak ventilasi pada gedung agar memberi sirkulasi udara yang cukup baik setiap kamar pasien khususnya untuk kelas ekonomi. Juga menyediakan kamar mandi yang memadai dan terjaga kebersihannya, serta merancang kamar pasien agar pasien tersebut terhindar dari kebisingan ruangan di luar kamar. Kesan tenang juga dapat diberikan dengan membangun taman-taman kecil di halaman rumah sakit.


    Butuh jasa Desain Rumah sakit?


    Anda dapat mengunjungi website: http://www.samitra.co.id/
    atau call: Abrahamsyah 0815-8118-226

To Top

Start a New Topic » « Back to the Pasang Iklan Gratis group